Jumat, 03 April 2009

Semur Jengkol Betawi

Aku punya hutang!!! Hutang posting tentang Resep Semur Jengkol (glek.,glek., nyam..nyam..). Tadinya sic mo coba-coba kasih resep sendiri, tapi kok rasanya belum PD yac. Akhirnya setelah menyelusuri rimba online ini, akhirnya aku putusin untuk nyontek postingan dari sobat blog kita, Kecap Bango, yaitu Resep Semur Jengkol Betawi. Rasanya, pasti muantaaaappp!!!!!!! (He..he..he..)


Bahan :
  • 1 kg jengkol tua/ranum (klo kurang, boleh sekarung)
  • 1/2 sdm kopi (buat menghilangkan bau)
  • kapur sirih secukupnya
  • air untuk merebus
  • 300 ml kecap manis sedang
  • minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 15 bawang merah
  • 10 bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt biji lada (jangan pake merica bubuk yac)
  • 1/2 sdt jinten

Bumbu Tambahan :
  • 3 butir cengkeh
  • 1/2 butir pala
  • garam secukupnya

Cara Membuatnya :
  1. Rebus jengkol dengan kopi dan kapur sirih.
  2. Setelah matang, kuliti dan geprek menjadi gepeng.
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak panas.
  4. Setelah wangi, tambahkan cengkeh + pala.
  5. Masukkan jengkol.
  6. Tambahkan kecap.
  7. Setelah agak mendidih, beri 1 gelas belimbing air hangat.
  8. Masak sampai mengental dan matang.
  9. Tambahkan garam, rasakan.
  10. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Gimana??? Muantap kan resepnya? Silahkan mencoba..!!!

11 komentar:

Obrolan lepas mengatakan...

mantap-mantap,, hehe

NeoComps mengatakan...

waaahhhh..emak kok tau aja sech kalo kita laper..hehehehehe..bsk minta udang balado ya mak... :D

Rumah Islami mengatakan...

pamit bentar nyari nasgor nih...liat postingnya bikin luaper :)

Aby mengatakan...

Mantafff....!!
Maaahhhh,, tolong buatin semur jengki bwt makan siang doonk.. ni resepnya ada di blog Em@k!!! :P

semar mengatakan...

nah dari kemaren ditungguin ... wedew semur jengki dimakan bareng tempe goreng wuiiihhh...

Maya O.Z.K mengatakan...

wakakakkk.. ketauan deh seleranya emak =))

viruscinta18 mengatakan...

ini,...ini yg aku cari dari dulu kala...weks, bener deh perut jadi berdisko, mbak...wah, makan dulu ah,...siapa tau di warteg sebelah ada semur jenggol....salam dan tetap semangat yah...

wayoi mengatakan...

Harusnya ini termasuk kategori makana sehat juga mak :p

IjoPunkJUtee mengatakan...

Hm....bingung nyari bahannya...di rumah baru ada semen - batu bata....pasir.....xixixi...

J O N K mengatakan...

jiahhhh semur jengkol ya :D,,

saya seneng banget sama semur telur, tapi kalau jengkol gak pernah makan hehehe, rasanya sama gak ya ?

loly mengatakan...

ondeh mandeh si emak bikin ngiler aja, semur jengkol...aduhhh pas banget he he..

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*