Sabtu, 14 Maret 2009

Pempek Palembang

Bahan Untuk Adonan Dasar:
- 500 gr ikan tenggiri (giling halus)
- 500 gr tepung kanji
- 1/2 sdm garam
- 4 butir telur untuk jenis kapal selam
- minyak goreng
- bumbu penyedap
- air secukupnya


Cara membuatnya:
  • Campur gilingan daging ikan, tepung kanji, dan garam. Aduk rata, beri air secukupnya hingga dapat dibentuk dan tidak melekat di tangan. Sisihkan.
  • Didihkan 3 liter air dalam panci.

Pempek Lenjer:
  • Adonan dibentuk bulat, panjang (garis tengah 2,5 cm, panjang 10 cm). Rebus matang. Angkat.

Pempek Ada'an:
  • Bentuk seperti bola pimpong, sebelumnya adonan dibubuhi irisan daun bawang. Rebus sampai matang.

Pempek Kapal Selam:
  • Pipihkan adonan untuk membentuk kantong dengan dinding setebal 0,5 cm.
    Tuangkan telur kocok ke dalamnya melalui wadah yang bercorong, agar tidak menyentuh bagian atas adonan. Lekatkan kantong dengan hati-hati, jaga agar telur tidak keluar. Rebus sampai matang.

SAUS ASAM/ CUKA:

Bahan:
- 150 gr asam jawa
- 1500 cc air
- 50 gr bawang putih
- 1 1/2 sdm garam
- 250 gr gula merah
- 75 gr cabai rawit/ sesuai selera


Cara Membuatnya:
  • Didihkan air, masukkan asam, gula, masak hingga larut, saring.
  • Haluskan cabai, bawang putih, garam lalu masukkan ke dalam larutan asam. Didihkan sampai bumbu matang. Rasa asam dan manis sesuai selera.

2 komentar:

JoVie mengatakan...

wah aku suka banget ama mpek2 palembang..tapi lebih suka lagi kalo udah jadi...jadi mbak aja bikinin buat aku yah...*ngarep*

btw, thx tipsnya dan akan aku simpen....kali aja suatu saat aku bikin...thx banget lho mbak..

loly mengatakan...

ini manteep ni..aku ambil ya mbak resepnya ;;)

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*