Jumat, 10 April 2009

10 Kualitas Pribadi Yang Disukai

Pada dasarnya, tiap orang memiliki pribadi berbeda yang unik. Namun di balik pribadi tersebut ada beberapa sifat buruk yang kita miliki, yang ternyata kurang bisa diterima oleh lingkungan sekitar. Ingin bertahan, namun hanya akan membuat kita semakin tersingkir dari pergaulan. Ada baiknya kita sedikit mengalah dengan cara merubah sedikit demi sedikit sifat dan kebiasaan buruk tersebut. Tujuannya adalah agar kita dapat diterima oleh lingkungan tersebut. Bukankah lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali...


Mahatma Ghandi

Sebenarnya seperti apa sic, kepribadian yang disukai itu???
  1. Ketulusan
    Menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin ngga akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, ngga suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.
  2. Rendah Hati
    Hanya seseorang yang berjiwa kuat yang bisa bersikap rendah hati. Seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk, orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yang di atasnya merasa nyaman sekaligus ngga membuat orang yang di bawahnya merasa minder.
  3. Kesetiaan
    Rasa-rasanya kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban, dan jauh dari kata 'berkhianat'.
  4. Bersikap Positif
    Orang yang selalu bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi terburuk sekali pun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dan masih banyak lagi.
  5. Selalu Ceria
    Ngga semua orang loc, dikaruniai sifat ceria. Keceriaan ngga harus diartikan sebagai ekspresi wajah dan tubuh yang menggebu, tapi juga sebagai sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, ngga suka mengeluh, dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, bahkan dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
  6. Bertanggung Jawab
    Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Ketika melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia ngga bakal mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan ketika merasa kecewa dan sakit hati, dia ngga pernah menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas segala hal yang dialami dan dirasakannya.
  7. Percaya Diri
    Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima diri sendiri apa adanya, menghargai dirinya, dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi baru. Dia tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya dengan baik.
  8. Pemaaf
    Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar ngga akan membiarkan dirinya dikuasai rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar, dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
  9. Easy Going
    Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan, ngga suka membesar-besarkan masalah kecil, bahkan berusaha mengecil-ngecilkan masalah besar. Dia ngga suka mengungkit masa lalu dan ngga pernah mau khawatir mengenai masa depan. Dia ngga mau pusing dan stres dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.
  10. Empati
    Orang yang memiliki empati bukan saja seorang pendengar yang baik, tapi juga seseorang yang bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu bisa mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, ngga suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain

Weleh..weleh.. Gimana? Susah ga sic memiliki pribadi-pribadi ideal seperti itu?? Pastinya senang banget yac klo kita memiliki sebagian saja dari kepribadian tersebut. Tapi walau bagaimana pun yang terpenting adalah jika kamu bisa menjadi dirimu sendiri. So, enjoy your life!!! (^_^)


Sumber : Misteri Cinta & Cowok

37 komentar:

zener_lie mengatakan...

menurutmu dalam diriku ada nda sifat itu???

heheh maklum kata orang yang bisa menilai itu orang lain bukan diri sendiri :)

senyum dna salam sahabat

rizeman mengatakan...

renungkanlah apa yg telah kita lakukan sampai sekarang,apakah memang sudah baik atau belum?
Selagi masih ada waktu untuk memperbaiki diri mengapa tidak,Sobat?

:)

ac milan indonesia mengatakan...

waduh saya cuma 10% dari kriteria diatas..hiks..

loly mengatakan...

Loly kayaknya yang rendah hati deh ren, dan tidak sombong he he he..mudah2annnn..

Kevin Hendranata - Exionce mengatakan...

lho.. mirip gw smua donk?? masa?? :))

ebeeth mproot mengatakan...

semuanya teipe kepribadian gwe tuh...=))

bunda sarah mengatakan...

kalo udah nerapin kesepuluh sikap di atas...wuah kita bisa jadi orang yang bijak neh

badrun mengatakan...

nurut aku itu betul adanya, asalkan kita benar-benar melaksanakannya.

semar mengatakan...

11. cerdas.... pandai menempatkan permasalahan pd porsinya dan memiliki solusi yang efektif untuk setiap permasalahan yang timbul ..... nambahin ah heheheh

Panca mengatakan...

Ah jadi malu nih, kepribadianku diobjekin !!!

HPK-UIN mengatakan...

Waduh..masuk kategori mana nih...tapi bagi aku..Hargai lah kekurangan orang lain..:D

Joe Engressia mengatakan...

postingannya bgus banget, jdi ngerti nih, kurangnya ada dmna :D

supris mengatakan...

wah...mantafff postinganya mak.,,,;),oiya, satu lagi kepribadian yang disukai..yaitu orang yang gampang kasih duit...hehehe

Maya O.Z.K mengatakan...

wuih serius euy postingan emak.. jadi enak niy kepribadian-q diobral =))

reni mengatakan...

Untuk dapatkan kepribadian yg sempurna seperti itu kita kudu melalui proses belajar yang panjang ya, mbak ??
Nice posting...

Able mengatakan...

hmmm..mikir dulu....
kayaknya memang idealnya seperti itu...orang yang humoris masuk kategori mana ya? :-o

ghielz mengatakan...

waduch kayaknya emak reny ngomongin saya nie.. itu kan sifat saya semua...hehehehehe

azarre mengatakan...

wahh....pengenn memiliki sifat2 ini jadinya....ada yang mo do'ain....???

Reny mengatakan...

Jujur, sebagai yang posting aja ngerasa jauh bgt dr kepribadian-kepribadian spt di atas itu. Berat-berat... 8-}

Fanda mengatakan...

Kata orang aku ini berpembawaan no. 5, tapi menurutku yg paling sulit adalah no. 6. Karena kalo ada sesuatu yg ga beres, kita cenderung membenarkan diri dulu: 'Itu bukan salahku'. Tapi, kita harus selalu berusaha tuk lebih baik lg! Good posting!

KOMBK mengatakan...

KOnseling dan mengenai kepribadian kepribadian mampir di http://www.bk-stkip-pontianak.webs.com :)

ngeblog dapat uang mengatakan...

Siapa yang masang fhoto kakek gw di sini..?? =))

ridwan171 mengatakan...

artikelnya bagus inspirasinya pas lgi ngapain...????

omenk-belajar mengatakan...

makasih untuk cara-caranya..

Joo Izzy mengatakan...

Wahhh.. patut di coba nice info..

Blog Sejarah mengatakan...

jika bisa memenuhi kriteria poin 1, 3, 4 & 6 menurutku dah cukup deh buat bekal hidup di dunia & akhirat :D

BlogM mengatakan...

Yang ke sebelas, memiliki bentuk kaca mata "bundar" Mahatma Gandi http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif .... soalnya yang seperti itu classic loh....

alie mengatakan...

Thanks ya artikelnya, menarik sekali, bisa jadi bahan untuk introspeksi diri

Nia Shop - Online Store mengatakan...

wah wah wah aku dah termasuk dalam 10 kategori itu blm yaa??? tapi setidaknya aku ada masuk dalam kategori2 di antara 10 poin yg di sebutkan di atas,hehehehe.

Blogger Ceria mengatakan...

kalo g paling suka yang pcaya diri n bertanggungjawab.. :D :D

Pendidikan dan Hiburan mengatakan...

mampir di t4 sobat blog

Anton mengatakan...

semoga saya mempunyai beberapa hal yang disebutkan. dan pemiliki blog juga. sukses ya.

budiawanhutasoit mengatakan...

untuk memiliki sekaligus seluruh 10 pribadi yang disukai, agak susah..
tapi untuk belajar menjadi utk memiliki 10 pribadi yang disukai, kayaknya bisa..

rhin mengatakan...

maap baru mampir sist... heummm... learning to live :)
susah... kadang lebih mengedepankan ego :p

accank mengatakan...

keren nih postingannya
mudah²an bisa mencontoh sifat tersebut

85_ATRI_85 mengatakan...

ass, kanda ajarin atri masukin mp3 di blog dong

piyopie mengatakan...

numpang komen ya ren 10 kepribadian itu memang layak disukai tp ada gak seh orang seperti itu dalam realita saat ini??

i think we all kniow the answer hun..

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*