Sabtu, 04 April 2009

Pepes Ikan Duri Lunak



Bahan :

  • 2 ekor ikan mas, cuci besih
  • 1/2 buah nanas, parut
  • 1 sdt garam
  • 8 lbr daun salam
  • 50 gr daun kemangi
  • 2 buah tomat, iris-iris
  • 6 btg serai, potong 5 cm
  • 5 batang daun bawang, iris kasar
  • daun pisang untuk membungkus
  • lidi secukupnya

Bumbu Halus :
  • 10 btr bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 btr kemiri
  • 6 buah cabai merah
  • 6 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • garam secukupnya

Cara Membuatnya :
  1. Lumuri ikan dengan nanas dan garam. Diamkan 60 menit agar ikan cepat lunak. Cuci bersih ikan dan keringkan dengan lap bersih.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus hingga ke dalam perut ikan.
  3. Siapkan selembar daun pisang, tata daun salam, daun kemangi, serai, tomat, dan daun bawang di atasnya. Letakkan satu ekor ikan, lipat daun, semat dengan lidi.
  4. Lakukan hal yang sama dengan sisa bahan. Kukus ikan 5 jam dengan api sedang hingga duri lunak. Angkat.

Hasil : 4 porsi
Sumber : Tabloid Aura

12 komentar:

Maya mengatakan...

wadawww jd lapeer niy maaak!
psti jago msk si emak stu ini... *kedap kedip, sapa tau dikasih*

firman zaelani ridwan mengatakan...

emak..kirim aq satu ya....jgn byk cabenya...g' pk lama!!!:)]

em@k(^_^)em@k mengatakan...

:D

J O N K mengatakan...

ngiler mode on :D

andrizoom mengatakan...

Mantappppp Nihhhh

opung chikal mengatakan...

gk tau knp, saya ko' gk bisa yah pake trik nya om kendhin supaya bisa pasang read more ??? :( any suggest?!?!?

Joo Izzy mengatakan...

ewwwwww... malem² liat pepesan jadi lapeeeeeeeeeeeeerrrrr...
Joo bawa pulang satu ya......
buat maem dirumah... :)

Chandra Praditya mengatakan...

Enak Banget kyaknya....

www.katobengke.com mengatakan...

jangan2 kamu hobinya masak yah..............
jadi laper aq...hheheheheh

perjalananmatahari mengatakan...

kapan yah aq makan hasil rackan kamu....

loly mengatakan...

Ren..kalo dimasak gitu aja mmngnya duri nya bisa lunak nggak??..mo coba juga nih..kalo masak ikan itu paling ribet milihin durinya he he he..jadi males makannya..REn hari ini loly bikin pindang lohhh mantap.. ;) kalo mau kerumah ya..

blog anak nelayan mengatakan...

ini makanan paling saya sukai huhuhuhu
pokoknya pepes is the best deh nyam nyam nyam

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*