Rabu, 24 Juni 2009

Ciuman Dan Faktanya

Jreng..jreng..!!! Xixixix,,, baru denger judulnya aja udah ngerasa geli-geli gimana gitu. Hayo ngaku.. (^^). Okey, kali ini saya mau coba ngebahas seputar permasalahan ciuman atau lebih familiernya biasa disebut kissing. Hmm.. gimana, masih mau lanjut?

Kegiatan kising-mengkising ternyata ngga hanya bisa dilakukan antara cowok dan cewek untuk mengekspresikan kasih sayang di antara mereka. Namun hal ini bisa juga dilakukan terhadap orang-orang yang kita sayangi, seperti: anak, orang tua, kakak-adik, teman dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Yang pasti, ciuman bisa melambangkan rasa hormat, perduli, kasih sayang, dan cinta untuk seseorang. Bagi sepasang kekasih, ternyata ngga hanya bikin cinta makin lengket, tapi- menurut beberapa ahli- ciuman juga menguntungkan bagi kesehatan tubuh dan jiwa seseorang. Jadi, ada apa sih sebenarnya dibalik sebuah ciuman?


Photobucket


Ternyata ciuman itu...
  • Sudah ada sejak zaman dahulu kala, tepatnya sekitar 1.500 SM di India. Ciuman waktu itu diekspresikan oleh sepasang kekasih dengan cara menempelkan dan menggosokkan hidung satu sama lain, mirip gaya orang Eskimo.
  • Ternyata di dunia, ada banyak peraturan aneh tentang ciuman loc. Misalnya, di Italia pada Abad Pertengahan, ada larangan berciuman di depan umum, walaupun cuma cium pipi. Kalau peraturan ini dilanggar, mereka bakal disuruh menikah saat itu juga. Sementara di Indiana, cowok berkumis dilarang keras mencium.
  • Mungkin hanya Jerman satu-satunya negara yang mempunyai 30 istilah ciuman. Mereka bahkan punya istilah nachtkuss untuk jenis ciuman yang belum pernah diberi nama, meski sebenarnya ciuman itu ngga berbeda dengan goodnight kiss. Masih menurut sebuah penelitian di Jerman, seseorang yang terbiasa mencium orang yang mereka sayangi (orang tua, saudara, bahkan binatang peliharaan) sebelum berangkat beraktivitas, memiliki angka harapan hidup 5 tahun lebih lama daripada mereka yang ngga melakukannya. Soalnya, ciuman di pagi hari bisa menimbulkan perasaan bahagia dan mengurangi stres.
  • Tradisi kiss bye saat berpisah ternyata telah dilakukan sejak tahun 3.000 SM oleh bangsa Mesopotamia kuno. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda hormat kepada dewa-dewa mereka.
  • Tradisi lainnya, para ksatria dari Abad Pertengahan selalu cipika-cipiki sama istri mereka tiap kali pulang dari perang atau berpergian jauh. hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah para istri bermabuk-mabukan atau pesta selama ditinggal.
  • Masyarakat Romawi kuno mempopulerkan tradisi ciuman mata, pipi, atau bibir setiap kali bertemu denga kenalan dekat atau kerabat, sebagai tanda keakraban. Mencium tangan atau cincin dilakukan kepada orang yang mereka hormati. Tradisi ini masih berlaku di Eropa: orang Perancis misalnya, mencium pipi kanan dan kiri sebanyak 2-4 kali tiap bertemu dengan kenalan dekat.
  • Penghargaan tertinggi bagi rakyat Rusia adalah saat mendapatkan ciuman dari Tsar mereka.
  • Di Afrika bagian tengah, rakyat akan merasa sangat beruntung ketika bisa mencium tanah yang dilalui pemimpin mereka.
  • Pada zaman Victoria, sebagai tanda hormat, cowok harus mencium tangan cewek setiap kali bertemu (jadi harus rajin cuci tangan biar ngga bau terasi).
  • Ciuman yang penuh perasaan bisa membakar 20 kalori permenit. Kebayang donk kalau 50 kali kissing perhari = membakar 1000 kalori (wuiizz, ngga perlu diet dec).
  • Nama ilmiah dari ilmu yang mempelajari tentang ciuman adalah Philematology. Nah bentuk ciuman bibir yang kita kenal saat ini, awalnya berasal dari kebiasaan bangsa Romawi. Mereka selalu mencium cincin, jubah, atau patung sebagai tanda kehormatan. Seiring waktu, mereka menemukan lebih banyak arti dari sebuah ciuman, seperti Osculum: ciuman persahabatan, Basium: ciuman penuh gairah, dan Savium: ciuman yang mendalam. Khusus untuk ciuman yang terakhir ini, kita mengenalnya dengan istilah French Kiss.
Yups, kira-kira begitu dec fakta seputar ciuman yang berasal dari penjuru dunia. Terserah kita bagaimana menanggapinya, hanya saya berharap, hal tersebut bisa menjadi informasi yang berguna bagi anda semua. Nantinya akan saya kupas lebih mendalam pada postingan selanjutnya yang berjudul 'Jenis-Jenis Ciuman'.


Sumber: Misteri Cinta & Cowok

34 komentar:

J O N K mengatakan...

wkwkkwkww, ternyata ciuman juga dipelajar, ...

Prof mengatakan...

ciuman ah....biar kurus...he..he...

Arya Muhamad mengatakan...

awas jangan suka sembarangan ciuman nanti kena penyakit loe

asep canda mengatakan...

nice post friend

Penjaga Madrasah mengatakan...

Ciuman aja ternyata ada ilmu dan sejarahnya ya

ireng_ajah mengatakan...

ternyata macem2 ya...

Dilla mengatakan...

ciuman mau dunk... penyakit ga mau dunk :))

arkasala mengatakan...

Ciuman itu asyik. Ok Mak, biar lebih asyik, sudah kupasang linknya ya. Silakan cek di LINK BANNER SAHABAT di rumah saya. Tks salam.

Ronny Kongdoh mengatakan...

my kiss for U... ;)

wongapik mengatakan...

ternyata emak-emak ahli ciuman juga ya wakakaka

ina mengatakan...

wkakakakakakak,...

biz ciuman ma bapak yach mak???? hehehe,....

:-*

VirginClub mengatakan...

".....mirip gaya orang Eskimo".
Di eskimo katanya sich... cuaca dingin, jd maksudnya berciuman, biar hangat kali yaa... he..he...he...

sinangdw mengatakan...

q datang sob :D

eka mengatakan...

slm knal dr eka...

nanang mengatakan...

Lho kok aku jadi merinding ya.. :-/

Ge mengatakan...

wah good info nech ;)

balidreamhome mengatakan...

kiss..kiss..kiss the most obvious expression of love and friendship... smile too :-)

Zhys mengatakan...

jaln2 ke blog aq jga y??????????

Gadis liar mengatakan...

sering ciuman, ntar bisa ketularan penyakit dunk ga mau ah...

Calon Peneliti Sukses mengatakan...

salam kenal.....

sejarah yang baru diungkap kayaknya nih...!

Saung Bisnisku mengatakan...

Mak.. kok por..on ih.. btw.. anakmua minta link mak..

http://electric-shopping-cart.blogspot.com/ mengatakan...

Visit the first time, a blogger known to all

informasibisnis88.co.cc mengatakan...

kunjungan sore

goceng mengatakan...

banyak skaliiiiiiii...."orang berkumis dilarang ciuaman????"

syMB4h3 mengatakan...

ternyata emak ga mo kalah dengan anaknya....
SALAM SUPER, STOP DREAMING & START ACTION !!!

coolk45 mengatakan...

SALAM SUPER, STOP DREAMING & START ACTION !!!

firman zaelani ridwan mengatakan...

keren.....jadi mau....ckckckckc

homyworld mengatakan...

ciuman bikin kurus ya?mo cium siapa neh...hehehe

Adjie mengatakan...

Kunjungan siang, pa kabr boss?

WINARDI mengatakan...

haha..bisa jadi pelajaran jg buat yang new bie hehe..

Blog Sejarah mengatakan...

wah..makasih dah infonya....cup..cup...suit...suit... hehe.. :D

Nasrudin Cahya M mengatakan...

wah sesuatu banget :D hahah.. ingat lipstik nya kalo mau itu :D

Nasrudin Cahya M mengatakan...

Wah :D lcuu banget heheheh
http://travelmalang.com/travel-malang-jember-24-jam/

Nasrudin Cahya M mengatakan...

Motivator Indoensia

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*