Selasa, 03 Maret 2009

Ambein/ Wasir

Penyakit ambein/ wasir disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah pada bagian bawah dari poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang dubur. Nampaknya seperti bisul, warnanya merah kebiru-biruan. Pembengkakan ini menghalangi mengalirnya darah ke perut.

Gejala atau tanda-tanda penting:
  • terasa ada tekanan panas dan gatal-gatal pada bagian poros usus.
  • terdapat tonjolan (benjol-benjol) atau bintil-bintil di sekeliling liang dubur.
  • berhajat (buang air besar) sulit dan terasa sakit.
  • kadang-kadang mengeluarkan darah atau meleleh dari liang dubur.

Pengobatan:
  1. Lempuyang wangi 3/4 jari, dicuci bersih lalu diparut. Berikan air bersih 2 sendok makan dan garam sedikit. Ramuan diperas dan disaring lalu diminum (2x sehari 1 sendok makan).
  2. Rimpang temu lawak 1 jari, klembak 3/4 jari, daun kaki kuda 1/4 genggam, daun sagamanis 1/4 genggam, daun patikan cina 1/5 genggam, gula enau 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Ramuan direbus dengan 5 gelas air bersih dan direbus terus sampai airnya tinggal separuh. Sesudah dingin disaring lalu diminum (3x sehari 3/4 gelas).
  3. Daun petikan cina 20 gr, akar simaruba (beli di apotik) 20 gr, daun sembung 15 gr, kelembak 10 gr. Ramuan ini direbus dengan 2 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tinggal separuh. Minumlah ramuan ini sebanyak 3x sehari.
  4. Daun lidah buaya 1/2 batang, buang durinya dan cuci bersih lalu diparut. Beri air masak 1/2 cangkir dan madu 2 sendok makan, diperas dan disaring lalu diminum 3x sehari.

Si penderita jangan makan yang pedas-pedas, minuman keras, yang mengandung banyak lemak sebab lemak dapat mengendorkan bagian-bagian dalam kulit pada usus. Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Kurangi bekerja berat tapi lakukan olahraga ringan secara teratur.

0 komentar:

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*