Selasa, 03 Maret 2009

Asma

Asma adalah penyakit sesak nafas dengan pernafasan berbunyi menciut diiringi batuk. Asma disebabkan suatu penyakit allergic (sangat peka terhadap sesuatu yang masuk dalam tubuh).

Gejalanya:
  • pernafasan terasa sesak dan sulit.
  • ruang dada agak mengembung.
  • ludah hanya sedikit dan sangat pekat.
  • badan terasa lemah dan kadang-kadang muka menjadi kebiru-biruan.

Pengobatan:
  1. Ambil lencur secukupnya, parut dan peras. Air hasil perasan ini dicampur dengan madu 2 sendok makan dan 1 butir telur ayam. Kocok dan diamkan sebentar baru diminum. Untuk obat luarnya, daun sirih kira-kira 7 lembar dicampur lada putih 1 sendok teh. Ditumbuk lalu dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. Pergunakanlah untuk menggosok dada dan leher.
  2. Daun randu/ kapok yang masih muda 6 helai, dicuci bersih lalu digiling halus. Kemudian di seduh dengan air panas 1/2 cangkir dan dicampur madu 1 sendok makan. Sesudah suam-suam kuku lalu disaring dan diminum 2x sehari 2 sendok makan.
  3. Bawang putih 10 butir, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal kira-kira 3/4-nya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum dengan madu 1 sendok makan (3x sehari 1/2 gelas).
  4. Daun tanjung yang masih muda 1 genggam, dikeringkan lalu dijadikan serbuk dicampur dengan 2 sendok makan kikisan kayu cendana. Ramuan ini digunakan sebagai ganti tembakau saat merokok. Hisaplah ramuan ini beberapa kali sehari pada saat serangan penyakit datang.
  5. Daun sirih 8 lembar, daun akar gamat 12 lembar, biji buah putat 20 buah, lada putih 30 butir, dicuci bersih dan ditumbuk halus. Diremas dengan 3 sendok teh minyak kayu putih. Gunakanlah ramuan ini untuk memijat dada dan leher (1-2 kali sehari) sebanyak yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*