Selasa, 03 Maret 2009

Bronkhitis

Penyakit ini timbul karena radang cabang batang tenggorokan (bronchi). Bronkhitis disebabkan oleh basil yang beterbangan di sekitar kita. Penyakit ini ada 2 macam, bronkhitis biasa dan bronkhitis menahun. Kedua jenis penyakit ini mudah menular dan beralih menjadi radang paru-paru (TBC).

Gejala:
  • sering batuk-batuk pekat disertai lendir.
  • rasa nyeri dan panas pada bagian dada dan kadang-kadang pada tulang dada.
  • pernafasan agak sukar dan terasa sesak.
  • kadang-kadang diikuti dengan kenaikan suhu badan.

Perawatannya:
  1. Orang-aring 1 batang, rumput bolong 1 batang, daun bayam duri 1/3 genggam, adas 1 sendok teh, pulosari 1/2 jari, kayu angin 1/4 genggam, gula enau 3 jari. Bahan-bahan ini dicuci bersih dan dipotong seperlunya. Rebuslah dengan 4 gelas air bersih dan biarkan sampai air tinggal setengahnya. Sesudah dingin disaring lalu diminum 2x sehari 1/2 gelas.
  2. Daun poko 1/3 genggam, daun patikan kerbau 1/3 genggam, dicuci lalu digiling halus. Bubuhilah 2 sendok makan minyak jeruk sitrun dan remas-remas. Balurkan pada leher lalu balut dengan kain. Lakukan 2x sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Daun kaki kuda 1/2 genggam, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih. Sesudah airnya tinggal 3/4, dinginkan lalu minum dengan madu seperlunya. Lakukan 2-3 kali sehari @ 1/2 gelas.
  4. Bunga kembang sepatu 2 kuntum, dicuci bersih dan ditumbuk halus. Beri air masak 1 gelas dan sedikit garam. Peras dan saring lalu minum 2x sehari 2 sendok makan.

0 komentar:

Posting Komentar

Em@k(^_^)Em@k © 2008 Por *Templates para Você*